Nama :
RisaAsmaulHusna
NPM :11110176
KELAS : 5E/BK
|
Pengartiankesulitanbelajar
Kesulitan belajar (Learning
Difficulty)adalahsuatukondisidimanakompetensiatauprestasi
yang dicapaitidaksesuaidengankriteriastandar yang telahditetapkan.
(Haryantodalamhttp://belajarpsikologi.com/pengertian-kesulitan-belajar/)
PengertianKesulitanBelajaradalahhambatan/
gangguan belajarpadaanakdanremaja yang ditandaiolehadanyakesenjangan yang
signifikan antaratarafintegensidankemampuanakademik yang
seharusnyadicapai. (Mulyonodalampendidikanbagianakkesulitanbelajar)
Kesulitanbelajarkhususadalahsuatugangguandalamsatuataulebihdari
proses psikologisdasar yang
mencakuppemahamandanpenggunaanbahasaujaranatautulisan.(dalamhttp://www.sarjanaku.com/2011/08/pengertian-kesulitan-belajar.html)
Kasus
Seorangsiswa SMA kelas
III-IPS, laki-lakimenunjukangejalajarangmasuksekolah, seringmelanggartatatertibsekolah,
danprestasibelajarnyarendah.Siswatersebutsering bolos,
terutamakalauakanmenghadapimatapelajaranMatematika. Padaakhirtahun yang lalu
yang bersangkutantermasuksalahsatusiswa yang
dipermasalahkanuntukkenaikankelasnya.dirumah, siswatersebuttidakmempunyaitempatbelajarsendiri;
diabelajarditempattidurnya.Iabanyakmembantukegiatankeluargasehinggaseringkaliterlambatmasuksekolah.
Data
lainmenunjukanbahwasiswa yang
bersangkutanadalahanakke-enamdarisebelasbersaudara. Tiga orang
saudaranyasudahberadadiperguruantinggi, dansalahseorangadiknyajugadikelas III
bagian IPA disekolah yang sama. Siswa yang
bersangkutansebenarnyakurangberminatterhadapbidangstudi
IPS.Dalammenyelesaikantugasrumahnyapernahterjadibentrokdengansalahseoranggurunya.
KemungkinanRincian,
sebabdanAkibatpermasalahan yang terkandungdidalamKasus
Permasalahankesulitandalambelajar
Gambaranlebihrinci:
·
Nilairaportbanyakmerahnya
·
Nilaitugas, ulangandanujianrendah
·
Dari waktukewaktunilaimenurun
·
Mendapatperingkatdibawah rata-rata
untuksebagianatauseluruhmatapelajaran
·
Mendapatperingkatdibawah rata-rata
untukkeseluruhanmuriddalamsatukelas
·
Tidakdapatmemusatkanperhatianuntukmempelajarimateri-materiyagterkaitpadabidangstuditersebut
·
Berusahatidakmengikutimatapelajaran yang
bersangkutandenganbidangstuditersebut
·
Tidakmengerjakantugas-tugasdalammatapelajarantersebut
Kemungkinansebab:
·
Tingkat kecerdasandibawah rata-rata
·
Malasbelajar
·
Kurangminat, motivasidanperhatian
·
Kekurangansaranabelajar
·
Kekurangankesempatanatauwaktuuntukbelajar
·
Suasanasosio-emosionaldirumahkurangmemungkinkanuntukbelajardenganbaik
·
Tidakmemilikibakatdalam b iudangtersebut
·
Lingkungantidakmendukunguntukpengembanganbidangtersebut
·
Proses
belajarmengajaruntukbidangtersebuttidakmenyenangkan
·
Siswasudahberusahasekuattenaga,
tetapihasilnyaselalurendah
·
Saranabelajarkurangmenunjang
·
Memilihbidangtersebutdariikut-ikutan,
ataudorongan orang tuaatau orang lain.
Kemungkinanakibat:
·
Minatbelajarsemakinberkurang
·
Tidak lulus sekolah
·
Dikeluarkandarisekolah
·
Frustasi yang mendalam
·
Tidakmampumelanjutkanpelajaran
·
Pindahjurusan
·
Terjadiketidaksesuaianantarakeinginan
orang tuadenganpilihansiswa
·
Kegiatanbelajaruntukbidangstudi yang
lainmenjaditerganggu.
Penanganankasus
Padaumumnyakasusdilihatsecarakeseluruhanperhatiandantindakanseseorangterhadapkasus
yang dihadapkankepadanyasejakawalhinggaakhir.Tetapijikadilihatsecarakhusus,
penanganankasusdipandangsebagaiupayauntukmenanganisumberpermasalahan yang
menyebabkanmunculnyapermasalahan lain.
Dengandemikiansumberdaripermasalahansiswatersebutadalah
“kesulitanbelajarkarenakurangnyaprasaranabelajardanharusmenjalankantugasnyasebagaianakuntukmembantu
orang tua”.
Dengandemikianmakasiswahendaknyadiberikanpenanganandenganteknikdesentisasi.Denganteknikinisiswatersebutakandibawauntukdapatbelajardenganbaikdanhasil
yang optimal tetapijugatidaklupauntukmenjalankantugasnyasebagaianakuntukmembantu
orang tuanya.
Teknikinidipilihkarenamerupakanperpaduandariteknikmemikirkansesuatu,
menenangkandiridanmembayangkansesuatudenganmemanfaatkanketenanganjasmaniahkonseliuntukmelawanketeganganjasmaniahkonseli
yang bilakonseliberadadalamsituasi yang
menakutkanataumenegangkansehinggasangattepatuntukmengatasigangguankecemasanatau
yang berhubungandengankelainanpribadimaupunmasalahsosial.
kajianpustaka
http://kejarmimpi.blogspot.com/2011/11/mengenal-teknik-desensitisasi.html
Abdurahman,
Mulyono. 2009. PendidikanBagiAnakBerkesulitanBelajar. Jakarta: RinekaCipta
DimyatidanMudjiono.
1999. BelajardanPembelajaran. Jakarta: RinekaCipta
Hamalik,
Oemar. 2001. Proses BelajarMengajar, Jakarta: BumiAksara
Slameto.
2003. BelajardanFaktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: RinekaCipta
Thursan
Hakim. 2005. BelajarSecaraEfektif. Jakarta: PuspaSwara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar