Senin, 30 Desember 2013

kesulitan belajar



Nama    : RisaAsmaulHusna
NPM      :11110176
KELAS    : 5E/BK
KESULITAN BELAJAR
Pengartiankesulitanbelajar
Kesulitan belajar (Learning Difficulty)adalahsuatukondisidimanakompetensiatauprestasi yang dicapaitidaksesuaidengankriteriastandar yang telahditetapkan. (Haryantodalamhttp://belajarpsikologi.com/pengertian-kesulitan-belajar/)
PengertianKesulitanBelajaradalahhambatan/ gangguan belajarpadaanakdanremaja yang ditandaiolehadanyakesenjangan yang signifikan antaratarafintegensidankemampuanakademik yang seharusnyadicapai. (Mulyonodalampendidikanbagianakkesulitanbelajar)
Kesulitanbelajarkhususadalahsuatugangguandalamsatuataulebihdari proses psikologisdasar yang mencakuppemahamandanpenggunaanbahasaujaranatautulisan.(dalamhttp://www.sarjanaku.com/2011/08/pengertian-kesulitan-belajar.html)

Kasus
Seorangsiswa SMA kelas III-IPS, laki-lakimenunjukangejalajarangmasuksekolah, seringmelanggartatatertibsekolah, danprestasibelajarnyarendah.Siswatersebutsering bolos, terutamakalauakanmenghadapimatapelajaranMatematika. Padaakhirtahun yang lalu yang bersangkutantermasuksalahsatusiswa yang dipermasalahkanuntukkenaikankelasnya.dirumah, siswatersebuttidakmempunyaitempatbelajarsendiri; diabelajarditempattidurnya.Iabanyakmembantukegiatankeluargasehinggaseringkaliterlambatmasuksekolah.
Data lainmenunjukanbahwasiswa yang bersangkutanadalahanakke-enamdarisebelasbersaudara. Tiga orang saudaranyasudahberadadiperguruantinggi, dansalahseorangadiknyajugadikelas III bagian IPA disekolah yang sama. Siswa yang bersangkutansebenarnyakurangberminatterhadapbidangstudi IPS.Dalammenyelesaikantugasrumahnyapernahterjadibentrokdengansalahseoranggurunya.
KemungkinanRincian, sebabdanAkibatpermasalahan yang terkandungdidalamKasus
Permasalahankesulitandalambelajar
Gambaranlebihrinci:
·         Nilairaportbanyakmerahnya
·         Nilaitugas, ulangandanujianrendah
·         Dari waktukewaktunilaimenurun
·         Mendapatperingkatdibawah rata-rata untuksebagianatauseluruhmatapelajaran
·         Mendapatperingkatdibawah rata-rata untukkeseluruhanmuriddalamsatukelas
·         Tidakdapatmemusatkanperhatianuntukmempelajarimateri-materiyagterkaitpadabidangstuditersebut
·         Berusahatidakmengikutimatapelajaran yang bersangkutandenganbidangstuditersebut
·         Tidakmengerjakantugas-tugasdalammatapelajarantersebut
Kemungkinansebab:
·         Tingkat kecerdasandibawah rata-rata
·         Malasbelajar
·         Kurangminat, motivasidanperhatian
·         Kekurangansaranabelajar
·         Kekurangankesempatanatauwaktuuntukbelajar
·         Suasanasosio-emosionaldirumahkurangmemungkinkanuntukbelajardenganbaik
·         Tidakmemilikibakatdalam b iudangtersebut
·         Lingkungantidakmendukunguntukpengembanganbidangtersebut
·         Proses belajarmengajaruntukbidangtersebuttidakmenyenangkan
·         Siswasudahberusahasekuattenaga, tetapihasilnyaselalurendah
·         Saranabelajarkurangmenunjang
·         Memilihbidangtersebutdariikut-ikutan, ataudorongan orang tuaatau orang lain.
Kemungkinanakibat:
·         Minatbelajarsemakinberkurang
·         Tidak lulus sekolah
·         Dikeluarkandarisekolah
·         Frustasi yang mendalam
·         Tidakmampumelanjutkanpelajaran
·         Pindahjurusan
·         Terjadiketidaksesuaianantarakeinginan orang tuadenganpilihansiswa
·         Kegiatanbelajaruntukbidangstudi yang lainmenjaditerganggu.
Penanganankasus
Padaumumnyakasusdilihatsecarakeseluruhanperhatiandantindakanseseorangterhadapkasus yang dihadapkankepadanyasejakawalhinggaakhir.Tetapijikadilihatsecarakhusus, penanganankasusdipandangsebagaiupayauntukmenanganisumberpermasalahan yang menyebabkanmunculnyapermasalahan lain. Dengandemikiansumberdaripermasalahansiswatersebutadalah “kesulitanbelajarkarenakurangnyaprasaranabelajardanharusmenjalankantugasnyasebagaianakuntukmembantu orang tua”.
Dengandemikianmakasiswahendaknyadiberikanpenanganandenganteknikdesentisasi.Denganteknikinisiswatersebutakandibawauntukdapatbelajardenganbaikdanhasil yang optimal tetapijugatidaklupauntukmenjalankantugasnyasebagaianakuntukmembantu orang tuanya.
Teknikinidipilihkarenamerupakanperpaduandariteknikmemikirkansesuatu, menenangkandiridanmembayangkansesuatudenganmemanfaatkanketenanganjasmaniahkonseliuntukmelawanketeganganjasmaniahkonseli yang bilakonseliberadadalamsituasi yang menakutkanataumenegangkansehinggasangattepatuntukmengatasigangguankecemasanatau yang berhubungandengankelainanpribadimaupunmasalahsosial.

kajianpustaka
http://kejarmimpi.blogspot.com/2011/11/mengenal-teknik-desensitisasi.html
Abdurahman, Mulyono. 2009. PendidikanBagiAnakBerkesulitanBelajar. Jakarta: RinekaCipta
DimyatidanMudjiono. 1999. BelajardanPembelajaran. Jakarta: RinekaCipta
Hamalik, Oemar. 2001. Proses BelajarMengajar,  Jakarta: BumiAksara
Slameto. 2003. BelajardanFaktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: RinekaCipta
Thursan Hakim. 2005. BelajarSecaraEfektif. Jakarta: PuspaSwara
PrayitnodanAmti, Erman. 1994. Dasar-DasarBimbingandanKonseling.DepartemenPendidikandanKebudayaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar