LAPORAN
PELAKSANAAN PRAKTEK BIMBINGAN
KLASIKAL
Sub
Tugas Perkembangan No. 9
Mencapai kematangan dalam perilaku karir
A. Topik
Bahasan : Mengenal dunia
pekerjaan dilingkungan sekitar daerah.
B. Bidang
Bimbingan : Karier
C. Jenis
Layanan : Layanan Informasi
D. Fungsi
Layanan : Pengenalan, pemahaman
dan pengembangan pengetahuan tentang dunia kerja.
E. Sasaran
Layanan : Siswa
kelas X1 SMK Khozinatul Ulum Todanan.
F. Pelaksanaan
Layanan
1.
Waktu/tanggal : 1x10 menit, 21 November 2013.
2.
Tempat :
Ruang kelas X1.
3.
Deskripsi Pelaksanaan layanan:
Dalam
proses kegiatan pelaksanaan Bimbingan Klasikal mengalami hambatan karena LCD
yang tidak dapat digunakan, sehingga harus menggunakan media poster. Akhirnya
Bimbingan kembali lancar dan ada Tiga siswa yang bertanya mengenai Pekerjaan
yang akan dijadikan tujuan untuk dikenali lebih dalam. Semua siswa
memperhatikan dengan baik dan tertib.
4.
Evaluasi
Bimbingan
Klasikal diawali dengan salam dari guru BK yang kemudian berlanjut dengan
pemberian materi (mengingat waktu 10 menit). Berdasarkan respon dan reaksi yang
ditunjukan, siswa menangkap dan memahami materi yang telah diberikan. Selain
itu berdasarkan Laiseg juga rata-rata siswa memahami materi yang telah didapat
dari penjelasan guru BK.
5.
Tindak Lanjut
Ssetelah
diberikan layanan Bimbingan Klasikal dengan tema “Mengenal
dunia pekerjaan dilingkungan sekitar daerah”. Jika memungkinkan akan diberikan layanan
“Penguasaan Konten” dengan tujuan agar siswa memiliki kemampuan untuk melakukan
pekerjaan yang ada disekitarnya dan dapat dikembangkan sebagai keahlia jika
siswa yang bersangkutan berminat.
Blora,
25 November 2013
Praktikan Kelas 5E
Risa
Asmaul Husna
NPM.
11110176
LAPORAN
EVALUASI
BIMBINGAN KLASIKAL
1. Materi
Evaluasi
A.
Proses Praktek Bimbingan Klasikal
B.
Proses Pelaksanaan Bimbingan Klasikal
C.
Hasil Dari Pelaksanaan Bimbingan Klasikal
2.Prosedur
Evaluasi
A.
Dilaksanakan secara Lisan
B.
Dilaksanakan Secara Tertulis
3.Instrument
Evaluasi
Dalam meng-evaluasi keberhasilah kegiatan Bimbingan Klasikal yang
telah dilaksanakan, maka Guru BK menggunakan tiga tahap penilaian yaitu:
-
Penilaian Segera (Laiseg)
-
Penilaian Jangka Pendek (Laijapen)
-
Penilaian Jangka Panjang (Laijapan)
Selain itu Guru BK juga menyanyakan kepada
siswa atau peserta Bimbingan Klasikal mengenai hasil atau hal yang diperoleh
siswa tersebut setelah mengikuti kegiatan Bimbingan Klasikal.
4.Aplikasi
Instrument Evaluasi
Dari instrument yang telah disusun, kemudian diterapkan kepada
siswa yang telah mengikuti Bimbingan Klasikal dengan disesuaikan sesuai
kegunaan instrument atau alat evaluasi yang telah disusun sedemikian rupa.
5.Mengolah
Hasil Evaluasi
Untuk mengolaah hasil dari
penggunaan alat evaluasi yang telah diberikan kepada siswa yang mengikuti
kegiatan Bimbingan Klasikal, maka Guru BK menggunakan table yang dapat
menampung jawaban dan menghitung prosentase, serta memberikan kesimpulan
terhadap hasil pengolahan hasil instrument. Dari hasil evaluasi instrument yang
telah diberikan, dapat disimpulkan bahwa siswa yang mengikuti kegiatan Bimbingn
Kasikal telah mampu memahami materi yang telah diberikan oleh guru BK.
Blora, 25 November 2013
Praktikan Kelas 5E
Risa Asmaul Husna
NPM.11110176
LAPORAN
HASIL
ANALISIS BIMBINGAN KLASIKAL
1.Norma
atau standar evaluasi
a.
Norma yang dipergunakan meliputi:
1)
Cara Menganalisis:
2)
Kriteria hasil analisis:
b.
Deskripsi dan komentartentang hasil evaluasi
2.Analisis
terhadap Hasil Evaluasi
a.
Pencermatan hasil penilaian proses dan
penilaian hasil.
b.
Penerapan criteria hasil analisis, apakah hasil
evaluasi tersebut tergolong jelek, sedang, atau baik.
c.
Uraian tentang kelemahan dan kelebihan hasil
evaluasi
3.Penafsiran
Hasil Analisis Hasil Evaluasi
a.
Menguraikan apakah hasil analisis bimbingan
klasikal sudah memuat kesimpulan yang dapat ditindak lanjuti, dan saran tindak
lanjut yang dapat dilakukan bagi bimbingan klasikal yang telah dilaksanakan.
b.
Menyimpulkan apa saja yang telah diuraikan
dalam Evaluasi Bimbingan Klasikal tersebut.
4.Laporan
Praktikum Menganalisis Hasil Evaluasi Bimbingan Klasikal ini, wajib dilampirkan
dalam Laporan Praktikum Melaksanakan Bimbingan Klasikal.
Blora, 25 November 2013
Praktikan Kelas 5E
Risa Asmaul Husna
NPM. 11110176
LAPORAN
PELAKSANAAN
PRAKTEK TINDAK LANJUT
BIMBINGAN
KLASIKAL
1.
Penetapan Jenis dan Arah Tindak Lanjut
Jenis
dari tindak lanjut adalah penguasaan mengenai hasil dari isi pelayanan
Bimbingan Klasikal, yaitu para siswa mampu mengenali dunia kerja yang ada dilingkungan
sekitar mereka dan mampu mengukur kemampuan mereka untuk dapat melaksanakan
pekerjaan sesuai dengan jenis pekerjaan yang ada.
2.
Pelaksanaan komunikasi rencana tindak lanjut kepada
pihak terkaitq
Dalam
melaksanakan tugasnya para siswa yang diharapkan dapat ikut melakukan pekerjaan
orang tua mereka atau yang mereka inginkan yang ada disekitar, para siswa akan
diharapkan untuk meminta ijin terlebih dahulu kepada orang tua mereka atau
orang yang bersangkutan. Selain itu Guru BK akan turut serta sebisa mungkin
membantu membimbing para siswa untuk semaksimal mungkin mengenali kemampuan
yang dimilikinya.
3.
Melaksanakan rencana tindak lanjut berdasarkan
kesepakatan dengan pihak terkait.
Setelah
para siswa selesai mengikuti pekerjaan orang tua mereka serta mampu mengenali
kemampuan yang dimilikinya. Para siswa dilatih untuk melihat peluang kerja yang
dimilikinya dengan cara melihat kemampuan yang dimilikinya dan disesuaikan
dengan lapangan pekerjaan yang ada dilingkungan sekitar mereka.
Blora,
25 November 2013
Praktikan Kelas 5E
Risa Asmaul Husna
NPM. 11110176
LAPORAN
PELAPORAN
KEGIATAN
BIMBINGAN
KLASIKAL
1.
Laporan Pelaksanaan Bimbingan Klasikal.
Sub
Tugas Perkembangan No. 9
Mencapai kematangan dalam perilaku karir
A. Topik
Bahasan : Mengenal dunia
pekerjaan dilingkungan sekitar daerah.
B. Bidang
Bimbingan : Karier
C. Jenis
Layanan : Layanan Informasi
D. Fungsi
Layanan : Pengenalan, pemahaman
dan pengembangan pengetahuan tentang dunia kerja.
E. Sasaran
Layanan : Siswa
kelas X1 SMK Khozinatul Ulum Todanan.
F. Pelaksanaan
Layanan
6.
Waktu/tanggal : 1x10 menit, 21 November 2013.
7.
Tempat :
Ruang kelas X1.
8.
Deskripsi Pelaksanaan layanan:
Dalam
proses kegiatan pelaksanaan Bimbingan Klasikal mengalami hambatan karena LCD
yang tidak dapat digunakan, sehingga harus menggunakan media poster. Akhirnya
Bimbingan kembali lancar dan ada Tiga siswa yang bertanya mengenai Pekerjaan
yang akan dijadikan tujuan untuk dikenali lebih dalam. Semua siswa
memperhatikan dengan baik dan tertib.
9.
Evaluasi
Bimbingan
Klasikal diawali dengan salam dari guru BK yang kemudian berlanjut dengan
pemberian materi (mengingat waktu 10 menit). Berdasarkan respon dan reaksi yang
ditunjukan, siswa menangkap dan memahami materi yang telah diberikan. Selain
itu berdasarkan Laiseg juga rata-rata siswa memahami materi yang telah didapat
dari penjelasan guru BK.
10.
Tindak Lanjut
Ssetelah
diberikan layanan Bimbingan Klasikal dengan tema “Mengenal
dunia pekerjaan dilingkungan sekitar daerah”. Jika memungkinkan akan diberikan
layanan “Penguasaan Konten” dengan tujuan agar siswa memiliki kemampuan untuk
melakukan pekerjaan yang ada disekitarnya dan dapat dikembangkan sebagai
keahlia jika siswa yang bersangkutan berminat.
2.
Lampiran uraian pendapat tentang Bimbingan
Klasikal yang telah dilaksanakan, dan alas an mengapa laporan perlu disampaikan
kepada pihak lain.
A. Pendapat
tentang Bimbingan Klasikal
Bimbingan klasikal yang telah dilaksanakan dapat terlaksana dengan
lancer dan cukup menarik dengan kondisi siswa yang tertib serta memperhatikan
sehingga mereka dapat menangkap dan memahami materi yang telah disampaikan oleh
Guru BK.
B. Alasan Laporan
Perlu Disampaikan
Laporan ini perlu disampaikan kepada pihak terkait sebagai bentuk
laporan pelaksanaan kegiatan dan supaya laporan ini dapat dimanfaatkan oleh
pihak terkait sesuai dengan kepentingan dan keperluan peningkatan dan
pengembangan kemampuan belajar siswa.
C. Laporan
ditujukan
Laporan yang telah dibuat diberikan kepada Kepala sekolah atau
pihak yang berkaitan sebagai bukti pelaksanaan kegiatan serta untuk dapat
dimanfaatka untuk kepentingan lain. Selain itu laporan ini disatukan dibelakang
laporan praktikum membuat laporan sebagai pelengkap dalam membuat laporan
supaya lebih jelas pelaksanaan dan tujuan dari pembuatan laporan ini.
3.
Dokumentasi Laporan
Semua
laporan dan semua hal yang berkaitan dengan pelaksanaan Bimbingan Klasikal
dibuat dan disimpan dengan tertib dan rapi untuk dapat dibuka kembali jika
diperlukan dalam bentuk:
1.Soft
Copy atau dalam suatu file snelchechter/business file
2.Hard
Copy laporan yang telah dicetak atau diprint dijilid sebagai laporan yang
diduplikatkan sedangkan yang asli telah dikirim atau diserahkan kepada pihak
terkait.
Blora, 25 November 2013
Praktikan Kelas 5E
Risa Asmaul Husna
NPM.11110176
LEMBAR
PENILAIAN
KETERAMPILAN
BIMBINGAN KLASIKAL (CALSSSROOM GUIDANCE)
Nama
Guru BK :
Topik
PBK :
]Hari,
Tanggal :
Layanan
ke :
Petunjuk:
3.
Berikan skor (4) dalam tampilan yang
sdangat baik, (3) baik, (2) cukup baik, dan (1) belum baik.
4.
Nilai keseluruhan diperoleh dari jumlah
skor dibagi jumlah komponen dikalikan 100%
NO
|
ASPEK
PENILAIAN
|
BUTIR
PENILAIAN
|
SKOR
|
1
|
Pra-Pembelajaran
|
Kesiapan ruang, alat, dan media
pembelajaran dan memeriksa kesiapan
siswa
|
1 2
3 4
|
2
|
Membuka pelajaran
|
Penyiapan siswa, orientasi dan kontrak
belajar, apersepsi/pengantar
|
1 2
3 4
|
3
|
Penguasaan Materi
|
Guru BK memiliki penguasaan materi
pembelajaran dengan baik
|
1 2
3 4
|
4
|
Interaksi dan
Skenario Pembelajaran
|
Kesesuaian langkah pembelajaran,
fasilitasi pengalaman belajar, efektivitas pengelolaan kelas, ketepatan teknik
bertanya, kesesuaian metode dan media pembelajaran dengan kompetensi dasar,
kecakapan menggunakan media
|
1 2
3 4
|
SATUAN
KEGIATAN BIMBINGAN DAN KONSELING
1
|
Nama Kegiatan
|
Pengenalan dunia
Kerja
|
2
|
Aspek
|
Dunia Kerja
|
3
|
Topik
|
Mengenal dunia pekerjaan
dilingkungan sekitar daerah
|
4
|
Bidang Bimbingan
|
Karier
|
5
|
Kompetensi
|
Informasi (mengenai
dunia kerja dilingkungan sekitar)
|
6
|
Tujuan
|
a. Menambah
pengetahuan siswa tentang dunia kerja yang ada dilingkungan selitar
b. Menambah
pengetahuan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan mengenai pekerjaan yang
ingin dicapai
c. Melatih
siswa untuk mampu mengenal dan memilih pekerjaan yang sesuai dengan
kemampuannya
|
7
|
Indikator
|
Siswa mampu mengenal
dan memiliki pengetahuan tentang dunia kerja yang ada dilingkungan mereka
|
8
|
Strategi
|
Bimbingan Klasikal
|
9
|
Teknik
|
Ceramah
|
10
|
Sasaran
|
Siswa X SMK Khozinatul Ulum
Todanan
|
11
|
Waktu
|
1x10 menit
|
12
|
Tempat
|
Ruang kelas X SMK
Khozinatul Ulum Todanan
|
13
|
Media
|
Power point (poster
jika power point ada gangguan)
|
14
|
Langkah
Layanan
|
|
|
a.
Kegiatan
Awal
1. Guru
BK mengucapkan salam dan memimpin doa.
2. Guru
BK menanyakan siswa yang tidak hadir dan mengkondisikan siswa untuk mengikuti
kegiatan Bimbingan Klasikal.
b.
Kegiatan
Inti
1. Guru
BK menayangkan power point / poster yang telah dipersiapkan.
2. Guru
BK memberikan penjelasan materi untuk memperjelas media.
3. Guru
BK memperhatikan dan menyesuaikan penjelasan materi dengan kondisi siswa.
c.
Kegiatan
Akhir
1. Siswa
diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami atau
masih kurang jelas.
2. Guru
BK bersama-sama dengan siswa menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
3. Guru
BK mengucapkan tetima kasih dan salam untuk mengakhiri kegiatan.
|
|
15
|
Evaluasi
|
a.
Proses
1.
Bagaimana penyampaian materi yang
dilakukan oleh Guru BK?
2.
Apakah penjelasan materi sesuai
dengan materi yang ada pada media?
3.
Apakah materi yang disampaikan
mudah dipahami?
4.
Apa manfaat yang kalian peroleh
dari penyampaian materi oleh Guru BK?
b.
Hasil
1.
Setelah mengikuti kegiatan ini
apakah kalian memiliki gambaran mengenai pekerjaan yang akan kalian kenali
dilingkungan sekitar?
2.
Setelah krgiatan ini
|
16
|
Sumber Rujukan
|
http://nasional.kompas.com/read/2010/05/14/16332397
(15/09/2013)
|
17
|
Materi
|
Mengenal Dunia Kerja,
Tak Cuma Teori
|
Materi
Guardiner mengatakan, sejak dini siswa
perlu diperkenalkan pada tempat kerja dan peluang karier yang tersedia dengan
mendekatkan mereka pada dunia kerja sesungguhnya untukmmengeksplorasi kemampuan
dan skill yang dimilikinya.
Di usia 15 sampai 17 tahun, siswa perlu
untuk mulai dikenalkan pada dunia kerja, khususnya dengan menanamkan motivasi
dan rasa percaya diri mereka sebelum menghadapi dunia kerja tersebut.
Dilaksanakan dalam tiga tahap kegiatan,
tahap pertama Job Shadow atau Perfect Match, siswa belajar mengeksplorasi
kemampuan diri dan skill yang
dimilikinya. Dari tahap pertama ini, siswa diharapkan dapat mempersiapkan diri
mereka sebaik mungkin melihat peluang karier yang tersedia setelah lulus nanti.
Tahap kedua atau Site Visit Programme
merupakan kunjungan kedunia kerja, siswa dapat ikut membantu pekerjaan orang
tua untuk mengetahui seperti apa dan butuh keahlian apa untuk dapat
mengerjakannya. Dengan begini para siswa akan melihat langsung mentor-mentor
mereka, yaitu para orang tua merek masing-masing, menggunakan skill danpengetahuannya. Pengenalan ini
akan lebih efektif karena orang tua lebih dekat dan paham mengenai anaknya.
Sementara tahap terakhir atau Looking
Back, merupakan tahap evaluasi. Ditahap ini siswa diarahkan menganalisis segala
yang telah dilihat, didengar, dan dialami langsung selama mengikuti kegiatan
pekerjaan orang tua mereka.
Dari ketiga tahapan ini, focus yang
diharapkan adalah siswa memiliki bekal dan gambaran yang jelas cara bekerja
kelak dikemudian hari.
Blora, 25 November 2013
Praktikan Kelas 5E
Risa Asmaul
Husna
NPM. 11110176
LAPORAN
PELAKSANAAN
BIMBINGAN KLASIKAL
Dosen Pengampu:
G. Rohastono Ajie M.Pd
Oleh: Risa
Asmaul Husna (11110176)
PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
IKIP PGRI SEMARANG
2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar