Senin, 30 Desember 2013

Laporan pelaksanaan Bimningan Klasikal



LAPORAN
PELAKSANAAN PRAKTEK BIMBINGAN KLASIKAL

Sub Tugas Perkembangan No. 9
Mencapai kematangan dalam perilaku karir

A.    Topik Bahasan            : Mengenal dunia pekerjaan dilingkungan sekitar  daerah.
B.     Bidang Bimbingan      : Karier
C.     Jenis Layanan              : Layanan Informasi
D.    Fungsi Layanan           : Pengenalan, pemahaman dan pengembangan pengetahuan tentang dunia kerja.
E.     Sasaran Layanan         : Siswa kelas X1 SMK Khozinatul Ulum Todanan.
F.      Pelaksanaan Layanan 
1.      Waktu/tanggal       : 1x10 menit, 21 November 2013.
2.      Tempat                  : Ruang kelas X1.
3.      Deskripsi Pelaksanaan layanan:
Dalam proses kegiatan pelaksanaan Bimbingan Klasikal mengalami hambatan karena LCD yang tidak dapat digunakan, sehingga harus menggunakan media poster. Akhirnya Bimbingan kembali lancar dan ada Tiga siswa yang bertanya mengenai Pekerjaan yang akan dijadikan tujuan untuk dikenali lebih dalam. Semua siswa memperhatikan dengan baik dan tertib.
4.      Evaluasi
Bimbingan Klasikal diawali dengan salam dari guru BK yang kemudian berlanjut dengan pemberian materi (mengingat waktu 10 menit). Berdasarkan respon dan reaksi yang ditunjukan, siswa menangkap dan memahami materi yang telah diberikan. Selain itu berdasarkan Laiseg juga rata-rata siswa memahami materi yang telah didapat dari penjelasan guru BK.
5.      Tindak Lanjut
Ssetelah diberikan layanan Bimbingan Klasikal dengan tema “Mengenal dunia pekerjaan dilingkungan sekitar daerah”. Jika memungkinkan akan diberikan layanan “Penguasaan Konten” dengan tujuan agar siswa memiliki kemampuan untuk melakukan pekerjaan yang ada disekitarnya dan dapat dikembangkan sebagai keahlia jika siswa yang bersangkutan berminat.

Blora, 25 November 2013

Praktikan Kelas 5E    


Risa Asmaul Husna    
NPM. 11110176        













LAPORAN
EVALUASI BIMBINGAN KLASIKAL
1. Materi Evaluasi
A.    Proses Praktek Bimbingan Klasikal
B.     Proses Pelaksanaan Bimbingan Klasikal
C.     Hasil Dari Pelaksanaan Bimbingan Klasikal
2.Prosedur Evaluasi
A.    Dilaksanakan secara Lisan
B.     Dilaksanakan Secara Tertulis
3.Instrument Evaluasi
Dalam meng-evaluasi keberhasilah kegiatan Bimbingan Klasikal yang telah dilaksanakan, maka Guru BK menggunakan tiga tahap penilaian yaitu:
-          Penilaian Segera (Laiseg)
-          Penilaian Jangka Pendek (Laijapen)
-          Penilaian Jangka Panjang (Laijapan)
Selain itu Guru BK juga menyanyakan kepada siswa atau peserta Bimbingan Klasikal mengenai hasil atau hal yang diperoleh siswa tersebut setelah mengikuti kegiatan Bimbingan Klasikal.
4.Aplikasi Instrument Evaluasi
Dari instrument yang telah disusun, kemudian diterapkan kepada siswa yang telah mengikuti Bimbingan Klasikal dengan disesuaikan sesuai kegunaan instrument atau alat evaluasi yang telah disusun sedemikian rupa.
5.Mengolah Hasil Evaluasi
Untuk mengolaah hasil dari penggunaan alat evaluasi yang telah diberikan kepada siswa yang mengikuti kegiatan Bimbingan Klasikal, maka Guru BK menggunakan table yang dapat menampung jawaban dan menghitung prosentase, serta memberikan kesimpulan terhadap hasil pengolahan hasil instrument. Dari hasil evaluasi instrument yang telah diberikan, dapat disimpulkan bahwa siswa yang mengikuti kegiatan Bimbingn Kasikal telah mampu memahami materi yang telah diberikan oleh guru BK.

Blora, 25 November 2013
Praktikan Kelas 5E       

Risa Asmaul Husna    
NPM.11110176         












LAPORAN
HASIL ANALISIS BIMBINGAN KLASIKAL
1.Norma atau standar evaluasi
a.       Norma yang dipergunakan meliputi:
1)      Cara Menganalisis:
2)      Kriteria hasil analisis:
b.      Deskripsi dan komentartentang hasil evaluasi
2.Analisis terhadap Hasil Evaluasi
a.       Pencermatan hasil penilaian proses dan penilaian hasil.
b.      Penerapan criteria hasil analisis, apakah hasil evaluasi tersebut tergolong jelek, sedang, atau baik.
c.       Uraian tentang kelemahan dan kelebihan hasil evaluasi
3.Penafsiran Hasil Analisis Hasil Evaluasi
a.       Menguraikan apakah hasil analisis bimbingan klasikal sudah memuat kesimpulan yang dapat ditindak lanjuti, dan saran tindak lanjut yang dapat dilakukan bagi bimbingan klasikal yang telah dilaksanakan.
b.      Menyimpulkan apa saja yang telah diuraikan dalam Evaluasi Bimbingan Klasikal tersebut.
4.Laporan Praktikum Menganalisis Hasil Evaluasi Bimbingan Klasikal ini, wajib dilampirkan dalam Laporan Praktikum Melaksanakan Bimbingan Klasikal.
Blora, 25 November 2013
Praktikan Kelas 5E          

Risa Asmaul Husna          
NPM. 11110176              


LAPORAN
PELAKSANAAN PRAKTEK TINDAK LANJUT
BIMBINGAN KLASIKAL
1.      Penetapan Jenis dan Arah Tindak Lanjut
Jenis dari tindak lanjut adalah penguasaan mengenai hasil dari isi pelayanan Bimbingan Klasikal, yaitu para siswa mampu mengenali dunia kerja yang ada dilingkungan sekitar mereka dan mampu mengukur kemampuan mereka untuk dapat melaksanakan pekerjaan sesuai dengan jenis pekerjaan yang ada.

2.      Pelaksanaan komunikasi rencana tindak lanjut kepada pihak terkaitq
Dalam melaksanakan tugasnya para siswa yang diharapkan dapat ikut melakukan pekerjaan orang tua mereka atau yang mereka inginkan yang ada disekitar, para siswa akan diharapkan untuk meminta ijin terlebih dahulu kepada orang tua mereka atau orang yang bersangkutan. Selain itu Guru BK akan turut serta sebisa mungkin membantu membimbing para siswa untuk semaksimal mungkin mengenali kemampuan yang dimilikinya.

3.      Melaksanakan rencana tindak lanjut berdasarkan kesepakatan dengan pihak terkait.
Setelah para siswa selesai mengikuti pekerjaan orang tua mereka serta mampu mengenali kemampuan yang dimilikinya. Para siswa dilatih untuk melihat peluang kerja yang dimilikinya dengan cara melihat kemampuan yang dimilikinya dan disesuaikan dengan lapangan pekerjaan yang ada dilingkungan sekitar mereka.
Blora, 25 November 2013
Praktikan Kelas 5E    

Risa Asmaul Husna    
NPM. 11110176        
LAPORAN
PELAPORAN KEGIATAN
BIMBINGAN KLASIKAL
1.      Laporan Pelaksanaan Bimbingan Klasikal.
Sub Tugas Perkembangan No. 9
Mencapai kematangan dalam perilaku karir

A.    Topik Bahasan            : Mengenal dunia pekerjaan dilingkungan sekitar  daerah.
B.     Bidang Bimbingan      : Karier
C.     Jenis Layanan              : Layanan Informasi
D.    Fungsi Layanan           : Pengenalan, pemahaman dan pengembangan pengetahuan tentang dunia kerja.
E.     Sasaran Layanan         : Siswa kelas X1 SMK Khozinatul Ulum Todanan.
F.      Pelaksanaan Layanan 
6.      Waktu/tanggal       : 1x10 menit, 21 November 2013.
7.      Tempat                  : Ruang kelas X1.
8.      Deskripsi Pelaksanaan layanan:
Dalam proses kegiatan pelaksanaan Bimbingan Klasikal mengalami hambatan karena LCD yang tidak dapat digunakan, sehingga harus menggunakan media poster. Akhirnya Bimbingan kembali lancar dan ada Tiga siswa yang bertanya mengenai Pekerjaan yang akan dijadikan tujuan untuk dikenali lebih dalam. Semua siswa memperhatikan dengan baik dan tertib.
9.      Evaluasi
Bimbingan Klasikal diawali dengan salam dari guru BK yang kemudian berlanjut dengan pemberian materi (mengingat waktu 10 menit). Berdasarkan respon dan reaksi yang ditunjukan, siswa menangkap dan memahami materi yang telah diberikan. Selain itu berdasarkan Laiseg juga rata-rata siswa memahami materi yang telah didapat dari penjelasan guru BK.
10.  Tindak Lanjut
Ssetelah diberikan layanan Bimbingan Klasikal dengan tema “Mengenal dunia pekerjaan dilingkungan sekitar daerah”. Jika memungkinkan akan diberikan layanan “Penguasaan Konten” dengan tujuan agar siswa memiliki kemampuan untuk melakukan pekerjaan yang ada disekitarnya dan dapat dikembangkan sebagai keahlia jika siswa yang bersangkutan berminat.

2.      Lampiran uraian pendapat tentang Bimbingan Klasikal yang telah dilaksanakan, dan alas an mengapa laporan perlu disampaikan kepada pihak lain.
A.    Pendapat tentang Bimbingan Klasikal
Bimbingan klasikal yang telah dilaksanakan dapat terlaksana dengan lancer dan cukup menarik dengan kondisi siswa yang tertib serta memperhatikan sehingga mereka dapat menangkap dan memahami materi yang telah disampaikan oleh Guru BK.
B.     Alasan Laporan Perlu Disampaikan
Laporan ini perlu disampaikan kepada pihak terkait sebagai bentuk laporan pelaksanaan kegiatan dan supaya laporan ini dapat dimanfaatkan oleh pihak terkait sesuai dengan kepentingan dan keperluan peningkatan dan pengembangan kemampuan belajar siswa.
C.     Laporan ditujukan
Laporan yang telah dibuat diberikan kepada Kepala sekolah atau pihak yang berkaitan sebagai bukti pelaksanaan kegiatan serta untuk dapat dimanfaatka untuk kepentingan lain. Selain itu laporan ini disatukan dibelakang laporan praktikum membuat laporan sebagai pelengkap dalam membuat laporan supaya lebih jelas pelaksanaan dan tujuan dari pembuatan laporan ini.

3.      Dokumentasi Laporan
Semua laporan dan semua hal yang berkaitan dengan pelaksanaan Bimbingan Klasikal dibuat dan disimpan dengan tertib dan rapi untuk dapat dibuka kembali jika diperlukan dalam bentuk:
1.Soft Copy atau dalam suatu file snelchechter/business file
2.Hard Copy laporan yang telah dicetak atau diprint dijilid sebagai laporan yang diduplikatkan sedangkan yang asli telah dikirim atau diserahkan kepada pihak terkait.

Blora, 25 November 2013
Praktikan Kelas 5E    

Risa Asmaul Husna    
NPM.11110176         













LEMBAR PENILAIAN
KETERAMPILAN BIMBINGAN KLASIKAL (CALSSSROOM GUIDANCE)
Nama Guru BK           :
Topik PBK                  :
]Hari, Tanggal             :
Layanan ke                  :
Petunjuk:
3.      Berikan skor (4) dalam tampilan yang sdangat baik, (3) baik, (2) cukup baik, dan (1) belum baik.
4.      Nilai keseluruhan diperoleh dari jumlah skor dibagi jumlah komponen dikalikan 100%
NO
ASPEK PENILAIAN
BUTIR PENILAIAN
SKOR
1
Pra-Pembelajaran
Kesiapan ruang, alat, dan media pembelajaran  dan memeriksa kesiapan siswa
1   2   3   4
2
Membuka pelajaran
Penyiapan siswa, orientasi dan kontrak belajar, apersepsi/pengantar
1   2   3   4
3
Penguasaan Materi
Guru BK memiliki penguasaan materi pembelajaran dengan baik
1   2   3   4
4
Interaksi dan Skenario Pembelajaran
Kesesuaian langkah pembelajaran, fasilitasi pengalaman belajar, efektivitas pengelolaan kelas, ketepatan teknik bertanya, kesesuaian metode dan media pembelajaran dengan kompetensi dasar, kecakapan menggunakan media
1   2   3   4
SATUAN KEGIATAN BIMBINGAN DAN KONSELING
1
Nama Kegiatan
Pengenalan dunia Kerja
2
Aspek
Dunia Kerja
3
Topik
Mengenal dunia pekerjaan dilingkungan sekitar daerah
4
Bidang Bimbingan
Karier
5
Kompetensi
Informasi (mengenai dunia kerja dilingkungan sekitar)
6
Tujuan
a.       Menambah pengetahuan siswa tentang dunia kerja yang ada dilingkungan selitar
b.      Menambah pengetahuan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan mengenai pekerjaan yang ingin dicapai
c.       Melatih siswa untuk mampu mengenal dan memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya

7
Indikator
Siswa mampu mengenal dan memiliki pengetahuan tentang dunia kerja yang ada dilingkungan mereka
8
Strategi
Bimbingan Klasikal
9
Teknik
Ceramah
10
Sasaran
Siswa X SMK Khozinatul Ulum Todanan
11
Waktu
1x10 menit
12
Tempat
Ruang kelas X SMK Khozinatul Ulum Todanan
13
Media
Power point (poster jika power point ada gangguan)
14
Langkah Layanan

a.      Kegiatan Awal
1.      Guru BK mengucapkan salam dan memimpin doa.
2.      Guru BK menanyakan siswa yang tidak hadir dan mengkondisikan siswa untuk mengikuti kegiatan Bimbingan Klasikal.
b.      Kegiatan Inti
1.      Guru BK menayangkan power point / poster yang telah dipersiapkan.
2.      Guru BK memberikan penjelasan materi untuk memperjelas media.
3.      Guru BK memperhatikan dan menyesuaikan penjelasan materi dengan kondisi siswa.
c.       Kegiatan Akhir
1.      Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami atau masih kurang jelas.
2.      Guru BK bersama-sama dengan siswa menyimpulkan materi yang telah disampaikan.
3.      Guru BK mengucapkan tetima kasih dan salam untuk mengakhiri kegiatan.
15
Evaluasi
a.       Proses
1.      Bagaimana penyampaian materi yang dilakukan oleh Guru BK?
2.      Apakah penjelasan materi sesuai dengan materi yang ada pada media?
3.      Apakah materi yang disampaikan mudah dipahami?
4.      Apa manfaat yang kalian peroleh dari penyampaian materi oleh Guru BK?
b.      Hasil
1.      Setelah mengikuti kegiatan ini apakah kalian memiliki gambaran mengenai pekerjaan yang akan kalian kenali dilingkungan sekitar?
2.      Setelah krgiatan ini
16
Sumber Rujukan
17
Materi
Mengenal Dunia Kerja, Tak Cuma Teori

Materi
         Guardiner mengatakan, sejak dini siswa perlu diperkenalkan pada tempat kerja dan peluang karier yang tersedia dengan mendekatkan mereka pada dunia kerja sesungguhnya untukmmengeksplorasi kemampuan dan skill yang dimilikinya.
         Di usia 15 sampai 17 tahun, siswa perlu untuk mulai dikenalkan pada dunia kerja, khususnya dengan menanamkan motivasi dan rasa percaya diri mereka sebelum menghadapi dunia kerja tersebut.
         Dilaksanakan dalam tiga tahap kegiatan, tahap pertama Job Shadow atau Perfect Match, siswa belajar mengeksplorasi kemampuan diri dan skill yang dimilikinya. Dari tahap pertama ini, siswa diharapkan dapat mempersiapkan diri mereka sebaik mungkin melihat peluang karier yang tersedia setelah lulus nanti.
         Tahap kedua atau Site Visit Programme merupakan kunjungan kedunia kerja, siswa dapat ikut membantu pekerjaan orang tua untuk mengetahui seperti apa dan butuh keahlian apa untuk dapat mengerjakannya. Dengan begini para siswa akan melihat langsung mentor-mentor mereka, yaitu para orang tua merek masing-masing, menggunakan skill danpengetahuannya. Pengenalan ini akan lebih efektif karena orang tua lebih dekat dan paham mengenai anaknya.
         Sementara tahap terakhir atau Looking Back, merupakan tahap evaluasi. Ditahap ini siswa diarahkan menganalisis segala yang telah dilihat, didengar, dan dialami langsung selama mengikuti kegiatan pekerjaan orang tua mereka.
         Dari ketiga tahapan ini, focus yang diharapkan adalah siswa memiliki bekal dan gambaran yang jelas cara bekerja kelak dikemudian hari.
Blora, 25 November 2013
Praktikan Kelas 5E    

Risa Asmaul Husna    
NPM. 11110176




LAPORAN
PELAKSANAAN BIMBINGAN KLASIKAL
Dosen Pengampu: G. Rohastono Ajie M.Pd








Oleh: Risa Asmaul Husna (11110176)


PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
IKIP PGRI SEMARANG
2013


Tidak ada komentar:

Posting Komentar