Senin, 30 Desember 2013

Tugas Perkembangan siswa



TUGAS PERKEMBANGAN SISWA SMP DAN SMA

TUGAS PERKEMBANGAN 1

Tugas Perkembangan
Tahap Internalisasi
Tujuan (Kompetensi) SLTP
Tujuan (Kompetensi) SLTA
1.  Landasan Hidup  Religius (mencapai Kematangan dalam
1. Pengenalan
Mengenal arti dan tujuan ibadah
Mempelajari hal ihwal ibadah
Beriman dan Bertaqwa Kpd TYME)
2. Akomodasi
Berminat mempelajari arti & tujuan ibadah
Mengembangkan sikap positif terhadap kehidupan beragama

3. Tindakan
Melakukan berbagai kegiatan ibadah dengan kemauan sendiri
Mengenal keragaman sumber norma yg berlaku di masyarakat












TUGAS PERKEMBANGAN 2

Tugas Perkembangan
Tahap Internalisasi
Tujuan (Kompetensi) SLTP
Tujuan (Kompetensi) SLTA
2.  Landasan Perilaku Etis (mencapai Kematanagn Berprilaku Etis)
1. Pengenalan
Mengenal jenis-jenis norma dan memahami alasan pentingnya noram dalam kehidupan
Mengenal keragaman sumber norma sebagai rujukan pengambila keputusan

2. Akomodasi
Bersikap positif terhadap norma
Menghargai keragaman sumber norma sebagai rujukan pengambilan keputusan.

3.  Tindakan
Berprilaku sesuai dengan norma yang dijunjung tinggi dalam masyarakat
1.Mempelajari cara-cara mengelolah emosi (termasuk mengelolah stress).
2.Mempelajari cara-cara mengekspresikan emosi yg tidak menimbulkan konflik dengan orang lain.







TUGAS PERKEMBANGAN   3

Tugas Perkembangan
Tahap Internalisasi
Tujuan (Kompetensi) SLTP
Tujuan (Kompetensi) SLTA
3.  Mencapai Kematang Emosi
1. Pengenalan
Mengenal emosi sendiri dan cara mengekspresikan-nya secara wajar (tidak kekanak-kanakan / impulsive)
1.Mempelajari cara-cara mengelola emosi (termasuk mengelola stress).
2.Mempelajari cara-cara mengekspresikan emosi yang tidak menimbulkan konflik dengan orang lain.

2. Akomodasi
Berminat untuk lebih memahami keragaman emosi sendiri dan orang lain
Bersikap toleran terhadap ragam ekspresi perasaan diri sendiri dan orang lain

3. Tindakan
Dapat mengekspresikan emosi atas dasar pertimbangan kontekstual (norma / budaya).
Dapat mengekspresikan perasaan dalam cara-cara yang bebas, terbuka dan tidak menimbulkan konflik.







TUGAS PERKEMBANGAN    4

Tugas Perkembangan
Tahap Internalisasi
Tujuan (Kompetensi) SLTP
Tujuan (Kompetensi) SLTA
4.  Mencapai Kematangan  Intelektual
1. Pengenalan
1.Mengenal cara belajar yang efektif
2.Mengenal cara-cara pemecahan masalah dan pemgambilan keputusan
1.Mempelajari lebih mmendalam ttg cara-cara belajar yang efektif.
2.Mempelajari cara mendalam ttg cara-cara pengambilan keputusan dan pemecahan masalah secara objektif.

2. Akomodasi
1.Memiliki sikap dan kebiasaan belajar yang positif.
2.Berminat untuk berlatih memecahkan masalah
1.Memiliki motif berprestasi dalam belajar.
2.Menyadari akan keragaman alternative keputuasan dan konsekuensi yang dihadapinya.

3. Tindakan
Dapat memecahkan masalah dan mengambil keputusan berdasarkan informasi / data secara obyektif
1.Dapat mengambil keputusan dan pemecahan masalah berdasarkan pertimbangan yanh matang.
2.Bertanggung jawab atas resiko yang mungkin terjadi.


TUGAS PERKEMBANGAN   5

Tugas Perkembangan
Tahap Internalisasi
Tujuan (Kompetensi) SLTP
Tujuan (Kompetensi) SLTA
5.  Memiliki Kesadaran Tanggung Jawab
1. Pengenalan
Mengenal cara-cara memperoleh hak dan memenuhi kewajiban dalam kehidupan sehari-hari
Mempelajari cara-cara memperoleh hak dan memenuhi kewajiban dalam kehidupan sehari-hari.

2. Akomodasi
Mengahargai hak-hak ornag lain dan merasa senang melaksanakan kewajiban yang diembangnya
Memiliki sikap-sikap social  dalam berinteraksi social dengan orang lain yang bersifat heterogen (multi etnis, budaya dan agama), seperti sikap altruis, empati, kooperatif, kolaboratif, dan toleran.

3. Tindakan
Berinteraksi dengan orang lain atas dasar pertimbangan hak dan kewajiban yang diemban masing-masing
Berinteraksi dengan orang lain atas dasar kesamaan (equity) harkat dan martabat, dan nilai-nilai keharmonisan hidup (mutual simbiosis).






TUGAS PERKEMBANGAN    6

Tugas Perkembangan
Tahap Internalisasi
Tujuan (Kompetensi) SLTP
Tujuan (Kompetensi) SLTA
6.  Mencapai Kematanagn Pengembangan Pribadi
1. Pengenalan
Mengenal karakteristik diri sendiri (seperti fisik, kecerdasan, minat, dan motivasi belajarnya)
Mempelajari kelebihan dirinya. Baik fisik, kecerdasan, maupun kepribadiannya.

2. Akomodasi
Menerima keadaan diri sendiri secara positif dan realistis
Menyadari tentang pentingnya sikap menerima diri sendiri secara positif dan realistis.

3. Tindakan
Mengkuti kegiatan-kegiatan yang positif dalam rangka mengembangkan kemampuan dan kepribadiannya.
Melakukan berbagai kegiatan yang positif dalam upaya mengembangkan potensi dirinya.











TUGAS PERKEMBANGAN    7

Tugas Perkembangan
Tahap Internalisasi
Tujuan (Kompetensi) SLTP
Tujuan (Kompetensi) SLTA
7.  Mencapai Kematangan Hubungan dengan Teman Sebaya.
1. Pengenalan
Mengenal norma-norma (etika) pergaulan denagn teman sebaya yang beragam latar belakangnya.
Mempelajari lebih mendalam ttg etika pergaulan dalam berinteraksi dengan teman sebaya (terutama dengan lawan jenis).

2. akomodasi
Menyadari ttg pentingnya penerapan norma-norma dalam bergaul denagn teman sebaya.
Menyadari ttg pentingnya penerapan norma-norma dalam bergaul dengan teman sebaya

3. Tindakan
Bergaul dengan teman sebaya secara positif dan konstruktif
Bergaul dengan  teman sebaya atas dasar norma atau etika, baik ynag bersumber dan agama maupun adat istiadat








TUGAS PERKEMBANGAN  8

Tugas Perkembangan
Tahap Internalisasi
Tujuan (Kompetensi) SLTP
Tujuan (Kompetensi) SLTA
8.  Perilaku Kewiausahaan (memilki kemandirian Prilaku ekonomi).
1. Pengenalan
Mengenal nilai-nilai perilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari. 
Mempelajari strategi dan peluang untuk berprilaku hemt, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam keragaman kehidupan. 

2. Akomodasi
Menyadari mamfaat berprilaku hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari.
Meneriam nilai-nilai hdup hemat, ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif sebagai aset untuk mencapai hidup mandiri.

3. Tindakan
Membiasakan diri hidup hemat ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari.
Menampilkan hidup hemat ulet, sungguh-2 dan kompetitif atas dasar kesadaran sendiri.







T UGAS PERKEMBANGAN    9

Tugas Perkembangan
Tahap Internalisasi
Tujuan (Kompetensi) SLTP
Tujuan (Kompetensi) SLTA
9.  mencapai kematangan dalam pilihan karier
1. Pengenalan 
Mengenal jenis-2 dan karakteristik studi lanjutan (SLTA) dan pekerjaan.
Mempelajari kemampuan diri, peluang dan ragam pekerjaan, pendidikan dan aktivitas yang terfocus pada pengembangan alternative karier.

2. Akomodasi
Memiliki motivasi untuk mempersiapkan diri dengan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan studi lanjutan atau pekerjaan yang diminatinya.
Menyadari ttg pentingannya pendidikan untuk memperoleh pengetahuan, dan keterampilan dalam upaya persiapan diri memasuki dunia kerja.

3.  Tindakan
Mengidentifikasi ragam  alternative studi lanjut atau pekerjaan yang mengandung relevansi dengan kemampuan dan minatnya.
Mengembangkan alternative perencanaan karier dengan mempertimbangkan.




TUGAS PERKEMBANGAN    10

Tugas Perkembangan
Tahap Internalisasi
Tujuan (Kompetensi) SLTP
Tujuan (Kompetensi) SLTA
10.  Mencapai kematangan dalam kesiapan diri untuk menikah dan berkeluarga
1. Pengenalan
Xxx
Mengena norma-2 atau nilai pernikahan dan berkeluarga

2. Akomodasi
Xxx
Menghargai norma-2 pernikahan dan berkeluarga sebagai landasan bagi terciptanya kehidupan masyarakat yang harmonis

3. Tindakan
Xxx
Mengekspresikan keinginannya untuk mempelajari lebih intensif ttg norma pernikahan dan berkeluarga.



                                                                                    Semarang,   31      Desember  2013

                                                                                   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar