TUGAS PERKEMBANGAN SISWA SMP DAN SMA
TUGAS PERKEMBANGAN 1
Tugas
Perkembangan
|
Tahap
Internalisasi
|
Tujuan
(Kompetensi) SLTP
|
Tujuan
(Kompetensi) SLTA
|
1. Landasan
Hidup Religius (mencapai Kematangan
dalam
|
1. Pengenalan
|
Mengenal arti dan tujuan ibadah
|
Mempelajari hal ihwal ibadah
|
Beriman
dan Bertaqwa Kpd TYME)
|
2. Akomodasi
|
Berminat mempelajari arti & tujuan ibadah
|
Mengembangkan sikap positif terhadap kehidupan
beragama
|
|
3. Tindakan
|
Melakukan berbagai kegiatan ibadah dengan kemauan
sendiri
|
Mengenal keragaman sumber norma yg berlaku di
masyarakat
|
TUGAS PERKEMBANGAN 2
Tugas
Perkembangan
|
Tahap
Internalisasi
|
Tujuan
(Kompetensi) SLTP
|
Tujuan
(Kompetensi) SLTA
|
2. Landasan
Perilaku Etis (mencapai Kematanagn Berprilaku Etis)
|
1. Pengenalan
|
Mengenal jenis-jenis norma dan memahami alasan
pentingnya noram dalam kehidupan
|
Mengenal keragaman sumber norma sebagai rujukan
pengambila keputusan
|
|
2. Akomodasi
|
Bersikap positif terhadap norma
|
Menghargai keragaman sumber norma sebagai rujukan
pengambilan keputusan.
|
|
3. Tindakan
|
Berprilaku sesuai dengan norma yang dijunjung
tinggi dalam masyarakat
|
1.Mempelajari cara-cara mengelolah emosi (termasuk
mengelolah stress).
2.Mempelajari cara-cara mengekspresikan emosi yg
tidak menimbulkan konflik dengan orang lain.
|
TUGAS PERKEMBANGAN 3
Tugas
Perkembangan
|
Tahap
Internalisasi
|
Tujuan
(Kompetensi) SLTP
|
Tujuan
(Kompetensi) SLTA
|
3. Mencapai
Kematang Emosi
|
1. Pengenalan
|
Mengenal emosi sendiri dan cara
mengekspresikan-nya secara wajar (tidak kekanak-kanakan / impulsive)
|
1.Mempelajari cara-cara mengelola emosi (termasuk
mengelola stress).
2.Mempelajari cara-cara mengekspresikan emosi yang
tidak menimbulkan konflik dengan orang lain.
|
|
2. Akomodasi
|
Berminat untuk lebih memahami keragaman emosi
sendiri dan orang lain
|
Bersikap toleran terhadap ragam ekspresi perasaan
diri sendiri dan orang lain
|
|
3. Tindakan
|
Dapat mengekspresikan emosi atas dasar
pertimbangan kontekstual (norma / budaya).
|
Dapat mengekspresikan perasaan dalam cara-cara
yang bebas, terbuka dan tidak menimbulkan konflik.
|
TUGAS PERKEMBANGAN 4
Tugas
Perkembangan
|
Tahap
Internalisasi
|
Tujuan
(Kompetensi) SLTP
|
Tujuan
(Kompetensi) SLTA
|
4. Mencapai
Kematangan Intelektual
|
1. Pengenalan
|
1.Mengenal
cara belajar yang efektif
2.Mengenal
cara-cara pemecahan masalah dan pemgambilan keputusan
|
1.Mempelajari lebih mmendalam ttg cara-cara
belajar yang efektif.
2.Mempelajari cara mendalam ttg cara-cara
pengambilan keputusan dan pemecahan masalah secara objektif.
|
|
2. Akomodasi
|
1.Memiliki
sikap dan kebiasaan belajar yang positif.
2.Berminat
untuk berlatih memecahkan masalah
|
1.Memiliki motif berprestasi dalam belajar.
2.Menyadari akan keragaman alternative keputuasan
dan konsekuensi yang dihadapinya.
|
|
3. Tindakan
|
Dapat memecahkan masalah dan mengambil keputusan
berdasarkan informasi / data secara obyektif
|
1.Dapat mengambil keputusan dan pemecahan masalah
berdasarkan pertimbangan yanh matang.
2.Bertanggung jawab atas resiko yang mungkin
terjadi.
|
TUGAS PERKEMBANGAN 5
Tugas
Perkembangan
|
Tahap
Internalisasi
|
Tujuan
(Kompetensi) SLTP
|
Tujuan
(Kompetensi) SLTA
|
5. Memiliki
Kesadaran Tanggung Jawab
|
1. Pengenalan
|
Mengenal cara-cara memperoleh hak dan memenuhi
kewajiban dalam kehidupan sehari-hari
|
Mempelajari cara-cara memperoleh hak dan memenuhi
kewajiban dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
2. Akomodasi
|
Mengahargai hak-hak ornag lain dan merasa senang
melaksanakan kewajiban yang diembangnya
|
Memiliki sikap-sikap social dalam berinteraksi social dengan orang lain
yang bersifat heterogen (multi etnis, budaya dan agama), seperti sikap
altruis, empati, kooperatif, kolaboratif, dan toleran.
|
|
3. Tindakan
|
Berinteraksi dengan orang lain atas dasar
pertimbangan hak dan kewajiban yang diemban masing-masing
|
Berinteraksi dengan orang lain atas dasar kesamaan
(equity) harkat dan martabat, dan nilai-nilai keharmonisan hidup (mutual
simbiosis).
|
TUGAS
PERKEMBANGAN 6
Tugas
Perkembangan
|
Tahap
Internalisasi
|
Tujuan
(Kompetensi) SLTP
|
Tujuan
(Kompetensi) SLTA
|
6. Mencapai
Kematanagn Pengembangan Pribadi
|
1. Pengenalan
|
Mengenal karakteristik diri sendiri (seperti
fisik, kecerdasan, minat, dan motivasi belajarnya)
|
Mempelajari kelebihan dirinya. Baik fisik,
kecerdasan, maupun kepribadiannya.
|
|
2. Akomodasi
|
Menerima keadaan diri sendiri secara positif dan
realistis
|
Menyadari tentang pentingnya sikap menerima diri
sendiri secara positif dan realistis.
|
|
3. Tindakan
|
Mengkuti kegiatan-kegiatan yang positif dalam
rangka mengembangkan kemampuan dan kepribadiannya.
|
Melakukan berbagai kegiatan yang positif dalam
upaya mengembangkan potensi dirinya.
|
TUGAS PERKEMBANGAN 7
Tugas
Perkembangan
|
Tahap
Internalisasi
|
Tujuan
(Kompetensi) SLTP
|
Tujuan
(Kompetensi) SLTA
|
7. Mencapai
Kematangan Hubungan dengan Teman Sebaya.
|
1. Pengenalan
|
Mengenal norma-norma (etika) pergaulan denagn
teman sebaya yang beragam latar belakangnya.
|
Mempelajari lebih mendalam ttg etika pergaulan
dalam berinteraksi dengan teman sebaya (terutama dengan lawan jenis).
|
|
2. akomodasi
|
Menyadari ttg pentingnya penerapan norma-norma
dalam bergaul denagn teman sebaya.
|
Menyadari ttg pentingnya penerapan norma-norma
dalam bergaul dengan teman sebaya
|
|
3. Tindakan
|
Bergaul dengan teman sebaya secara positif dan
konstruktif
|
Bergaul dengan
teman sebaya atas dasar norma atau etika, baik ynag bersumber dan
agama maupun adat istiadat
|
TUGAS PERKEMBANGAN 8
Tugas
Perkembangan
|
Tahap
Internalisasi
|
Tujuan
(Kompetensi) SLTP
|
Tujuan
(Kompetensi) SLTA
|
8. Perilaku
Kewiausahaan (memilki kemandirian Prilaku ekonomi).
|
1. Pengenalan
|
Mengenal nilai-nilai perilaku hemat, ulet,
sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari.
|
Mempelajari strategi dan peluang untuk berprilaku hemt,
ulet, sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam keragaman kehidupan.
|
|
2. Akomodasi
|
Menyadari mamfaat berprilaku hemat, ulet,
sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari.
|
Meneriam nilai-nilai hdup hemat, ulet,
sungguh-sungguh, dan kompetitif sebagai aset untuk mencapai hidup mandiri.
|
|
3. Tindakan
|
Membiasakan diri hidup hemat ulet,
sungguh-sungguh, dan kompetitif dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menampilkan hidup hemat ulet, sungguh-2 dan
kompetitif atas dasar kesadaran sendiri.
|
T UGAS PERKEMBANGAN 9
Tugas
Perkembangan
|
Tahap
Internalisasi
|
Tujuan
(Kompetensi) SLTP
|
Tujuan
(Kompetensi) SLTA
|
9. mencapai
kematangan dalam pilihan karier
|
1. Pengenalan
|
Mengenal jenis-2 dan karakteristik studi lanjutan
(SLTA) dan pekerjaan.
|
Mempelajari kemampuan diri, peluang dan ragam
pekerjaan, pendidikan dan aktivitas yang terfocus pada pengembangan
alternative karier.
|
|
2. Akomodasi
|
Memiliki motivasi untuk mempersiapkan diri dengan
mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan studi lanjutan
atau pekerjaan yang diminatinya.
|
Menyadari ttg pentingannya pendidikan untuk
memperoleh pengetahuan, dan keterampilan dalam upaya persiapan diri memasuki
dunia kerja.
|
|
3. Tindakan
|
Mengidentifikasi ragam alternative studi lanjut atau pekerjaan
yang mengandung relevansi dengan kemampuan dan minatnya.
|
Mengembangkan alternative perencanaan karier
dengan mempertimbangkan.
|
TUGAS PERKEMBANGAN 10
Tugas
Perkembangan
|
Tahap
Internalisasi
|
Tujuan
(Kompetensi) SLTP
|
Tujuan
(Kompetensi) SLTA
|
10.
Mencapai kematangan dalam kesiapan diri untuk menikah dan berkeluarga
|
1. Pengenalan
|
Xxx
|
Mengena norma-2 atau nilai pernikahan dan
berkeluarga
|
|
2. Akomodasi
|
Xxx
|
Menghargai norma-2 pernikahan dan berkeluarga
sebagai landasan bagi terciptanya kehidupan masyarakat yang harmonis
|
|
3. Tindakan
|
Xxx
|
Mengekspresikan keinginannya untuk mempelajari
lebih intensif ttg norma pernikahan dan berkeluarga.
|
Semarang, 31 Desember
2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar