RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN
DAN KONSELING
SMK KHOZINATUL ULUM TODANAN
Jl. Todanan-Blora km3
Tugas
Perkembangan No. 9
Mencapai
kematangan dalam perilaku karir
A.
Topik Bahasan :
Mengenal dunia pekerjaan dilingkungan sekitar daerah
B. Bidang
Bimbingan :
karir
C. Jenis
Layanan :
Layanan Informasi
D. Format Layanan :
Klasikal
E.
Fungsi Layanan :
Pengenalan, Pemahaman dan
Pengembangan pengetahuan tentang dunia
kerja
F.
Kompetensi yang Ingin
Dicapai :
1. Tujuan
Layanan :
a. Menambah pengetahuan siswa tentang dunia kerja yang
ada dilingkungan selitar
b. Menambah pengetahuan tentang hal-hal yang perlu
diperhatikan mengenai pekerjaan yang ingin dicapai
c. Melatih siswa untuk mampu mengenal dan memilih
pekerjaan yang sesuai dengan
2.
Hasil yang Ingin
Dicapai :
Siswa mampu mengenal dan memahami pekerjaan yang ada
dilingkungan sekitar untuk dapat dijadikan persiapan untuk memasuki dunia kerja
G. Sasaran
Layanan : Siswa X SMK Khozinatul Ulum Todanan
H. Uraian
Dan Materi Layanan :
1.
Urian kegiatan
No
|
Tahapan
|
Kegiatan
|
Nilai Yang Ditanamkan
|
|
Praktikan
BK
|
Siswa
|
|||
1.
|
Pembukaan (2 menit )
|
a.
Memberi salam
b.
Memperkenalkan diri
c.
Mengabsen siswa
d.
Apersepsi (memberi
kesempatan kepada siswa mengungkap pengetahuan tentang dunia pekerjaan dan hal terkait yang ada dilingkungan
sekitar)
|
a. Menjawab
salam
b. Menanggapi
dan memperhatikan
c. Menunjukan
jari saat dipanggil namanya
d. Aktif
memperhatikan mengungkapkan pekerjaan dan pengalaman yang diketahui
|
a. Perduli
b. Santun
c. Disiplin
d. Kreatif
|
2.
|
Inti
(5 menit)
|
Ketrampilan :
a. Mengupayakan
interaksi dengan menyampaikan
informasi dunia kerja yang sesuai dengan kemampuan siswa
|
a. memperhatikan
-
|
a. menghargai
|
Pengetahuan :
a. Menanyakan pengetahuan yang bersangkutan
b. Menjawab
pertanyaan tentang hal yang berkaitan dengan dunia kerja
|
a. Mengungkapkan pengetahuan dan pengalaman tentang
dunia kerja yang diketahi yang ada dilingkungan sekitar
b. Mengajukan
pertanyaan tentang
|
a. Tanggung
jawab
b. Jujur
|
||
Sikap :
a. Menguatkan
pemahaman siswa
b. Menanyakan
apakah dapat memahami isi materi
bersangkutan
|
a. Mendengarkan
pemahaman dari guru BK
b. Menyampaikan
apa yang dipahami dari materi
layanan lain
|
a. Percaya
diri
b. Berfikir positif
|
||
3.
|
Penutup
( 3 menit )
|
a. Mengajak
siswa membuat ringkasan materi
b. Memberikan
evaluasi lisan
c. Memberi
umpan balik
d. Melakukan
tindak lanjut
|
a. Membuat
ringkasan materi
b. Memperhatikan
dan menanggapi
c. Menerima
umpan balik
menerima tindak lanjut |
a. Tanggung
jawab
|
2. Materi
Layanan : Terlampir
I.
Metode :
Ceramah dan Tanya Jawab
J.
Tempat Penyelenggaran :
Ruang Kelas X SMK Khozinatul Ulum Todanan
K. Alokasi
Waktu :
1.
Hari, Tanggal : Kamis, 13 Desember 2013
2.
Waktu :
1 X 10 Menit
3.
Biaya :
L.
Penyelengara layanan : Praktikan BK
M. Pihak-pihak
yang disertakan dan peran masing masing :
N. Alat
dan perlengkapan yang digunakan :
1.
Media Layanan :
power point tentang
materi informasi dunia pekerjaan yang bersangkutan
2.
Sumber Materi :
O. Rencana
penilaian / evaluasi :
1.
Penilaian proses :
Mengamati
dan memperhatikan kesungguhan, keaktifan, dan keantusiasan dalam mengikuti
materi melalui pengamatan.
2.
Penilaian hasil :
a. Laiseg
:
memberikan formulir laiseg yang harus diisi oleh siswa tentang pemahaman
layanan yang sudah diberikan (langsung setelah memberikan layanan).
b. Laijapen : mengevaluasi sejauh mana
siswa dapat memanfaatkan pengetahuan dari
informasi yang telah disampaikan (setelah siswa
melaksanakan layanan).
P.
Tindak lanjut :
Q. Keterkaitan
Layanan ini dengan kegiatan pendukung :
Satuan
Pendukung (menggunakan Kajian Kepustakaan) dalam hal ini untuk melakukan
evcaluasi program.
R. Catatan
Khusus : -
Semarang, 16
September 2013
Mengetahui :
Kepala Sekolah
Ttd
Khusnadi
Praktikan BK
ttd
Risa
Asmaul Husna
LAMPIRAN :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar