Rabu, 01 Januari 2014

Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan Klasikal



RENCANA PELAKSANAAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
SMK KHOZINATUL ULUM TODANAN
Jl. Todanan-Blora km3

Tugas Perkembangan No. 9
Mencapai kematangan dalam perilaku karir

A.       Topik Bahasan                              : Mengenal dunia pekerjaan dilingkungan sekitar daerah
B.       Bidang Bimbingan              : karir
C.       Jenis Layanan                                : Layanan Informasi
D.       Format Layanan                            : Klasikal
E.        Fungsi Layanan                              : Pengenalan, Pemahaman dan Pengembangan pengetahuan tentang dunia kerja
F.        Kompetensi yang Ingin Dicapai      :
1.    Tujuan Layanan :
a.       Menambah pengetahuan siswa tentang dunia kerja yang ada dilingkungan selitar
b.      Menambah pengetahuan tentang hal-hal yang perlu diperhatikan mengenai pekerjaan yang ingin dicapai
c.       Melatih siswa untuk mampu mengenal dan memilih pekerjaan yang sesuai dengan
2.    Hasil yang Ingin Dicapai :
Siswa mampu mengenal dan memahami pekerjaan yang ada dilingkungan sekitar untuk dapat dijadikan persiapan untuk memasuki dunia kerja
G.       Sasaran Layanan                           : Siswa X SMK Khozinatul Ulum Todanan
H.       Uraian Dan Materi Layanan           :
1.      Urian kegiatan
No
Tahapan
Kegiatan
Nilai Yang Ditanamkan
Praktikan BK
Siswa
1.
Pembukaan (2 menit )
a.         Memberi salam
b.        Memperkenalkan diri
c.         Mengabsen siswa
d.        Apersepsi (memberi kesempatan kepada siswa mengungkap pengetahuan tentang dunia pekerjaan dan hal terkait yang ada dilingkungan sekitar)

a.       Menjawab salam
b.      Menanggapi dan memperhatikan
c.       Menunjukan jari saat dipanggil namanya
d.      Aktif memperhatikan mengungkapkan pekerjaan dan pengalaman yang diketahui
a.       Perduli
b.      Santun
c.       Disiplin
d.      Kreatif

2.
Inti
(5 menit)
Ketrampilan :
a.       Mengupayakan interaksi dengan menyampaikan informasi dunia kerja yang sesuai dengan kemampuan siswa

a.       memperhatikan

-                     

a.       menghargai

Pengetahuan :
a.       Menanyakan pengetahuan yang bersangkutan
b.      Menjawab pertanyaan  tentang hal yang berkaitan dengan dunia kerja

a.       Mengungkapkan pengetahuan dan pengalaman tentang dunia kerja yang diketahi yang ada dilingkungan sekitar
b.      Mengajukan pertanyaan tentang

a.       Tanggung jawab
b.      Jujur

Sikap :
a.       Menguatkan pemahaman siswa
b.      Menanyakan apakah dapat memahami isi materi bersangkutan

a.       Mendengarkan pemahaman dari guru BK
b.      Menyampaikan apa yang dipahami dari materi layanan lain

a.       Percaya diri
b.      Berfikir positif
3.
Penutup
( 3 menit )
a.       Mengajak siswa membuat ringkasan materi
b.      Memberikan evaluasi lisan
c.       Memberi umpan balik
d.      Melakukan tindak lanjut
a.       Membuat ringkasan materi
b.      Memperhatikan dan menanggapi
c.       Menerima umpan balik
menerima tindak lanjut
a.       Tanggung jawab

2.      Materi Layanan            : Terlampir
I.          Metode                                         : Ceramah dan Tanya Jawab
J.         Tempat Penyelenggaran                 : Ruang Kelas X SMK Khozinatul Ulum Todanan
K.      Alokasi Waktu                              :
1.      Hari, Tanggal                : Kamis, 13 Desember 2013
2.      Waktu                          : 1 X 10 Menit
3.      Biaya                            :
L.        Penyelengara layanan                     : Praktikan BK
M.     Pihak-pihak yang disertakan dan peran masing masing        :
N.      Alat dan perlengkapan yang digunakan       :
1.      Media Layanan :
power point tentang materi informasi dunia pekerjaan yang bersangkutan
2.      Sumber Materi :
O.      Rencana penilaian / evaluasi           :
1.      Penilaian proses            :
Mengamati dan memperhatikan kesungguhan, keaktifan, dan keantusiasan dalam mengikuti materi melalui pengamatan.
2.      Penilaian hasil               :
a.       Laiseg         : memberikan formulir laiseg yang harus diisi oleh siswa tentang pemahaman layanan yang sudah diberikan (langsung setelah memberikan layanan).
b.      Laijapen : mengevaluasi sejauh mana siswa dapat memanfaatkan pengetahuan dari informasi yang telah disampaikan (setelah siswa melaksanakan layanan).
P.        Tindak lanjut                                  :
Q.      Keterkaitan Layanan ini dengan kegiatan pendukung           :
Satuan Pendukung (menggunakan Kajian Kepustakaan) dalam hal ini untuk melakukan evcaluasi program.
R.       Catatan Khusus                             :   -

  Semarang, 16 September 2013

Mengetahui :
Kepala Sekolah
Ttd
Khusnadi
Praktikan BK
ttd
Risa Asmaul Husna

LAMPIRAN :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar